Cara Memperbaiki Printer L200 yang Hasilnya Kurang Bagus

Banyak konsumen ane yang nlp dan minta di service printernya gara-gara hasilnya kurang bagus, dan kali ini ane mau ngasih tau agan-agan cara memperbaiki printer epson L200 yang hasilnya kurang bagus...

cara pertama yang harus agan lakukan adalah, coba di clean head terlebih dahulu. caranya klil menu start --> printer and fax --> di driver L200 nya klik kanan --> printing preferance --> cari tab maintenance --> klil head clean tau kalo kurang klik power head clean. Atau bisa juga manual dari printernya dengan menekan tombol reume sampai cartridge di dalam terasa bergerak.

cara kedua jika hasilnya masih kurang bagus dengan menyedot tinta pada cartridge takutnya tinta di cartridge nya kosong, tapi cara ini aga sulit bagi pemula. tapi saya akan coba jelaskan dan mudah-mudahan agan-agan mengerti.

Pertama-tama yang harus agan lakukan adalah membuka baut pada printer tersebut, ada 4 baut yang harus di buka.

1. baut ke-1 dan ke-2 terletak di pojok atas bagian belakang printer di kiri dan kanannya (baud bawahnya tidak usah di lepas)




2. baut ke-3 terletak di pojok kanan depan tepatnya di bawah panel on/off, cara membukanya buka terlebih dahulu tutup scannernya ke atas, kemudian buka rumah panel tersebut dengan menarik ke depan dan angkat ke atas (rada pake tenaga ya gan :D).

Letak panel, dan bautnya ada di bawah panel tersebut




3. baut ke-4 juga tersembunyi gan, lihat gambar di bawah biar lebih jelasnya. buka penutup kecil memanjang dari kiri ke kanan dengan cara menarik tengahnya samapi melengkung dan tarik bagian kiri atau kananya hingga lepas.

Buka terlebih dahulu bagian yang ditandai dengan segi 4



Lihat gambar di bawah jika kurang jelas



Jika baut sudah terlepas semua, buka blok scanner yang berada pada bagian atasa pada printer.



buka dari sebelah kanan dulu dengan cara di congkel, lalu angkat sampai ke atas (yang sebelah kiri jangan di angkat). buka kabel-kabel yang ada di sebelah kiri (perhatikan letak kabel sebelum membuka, foto jika perlu jangan sampai salh memasang atau terbalik).

jika sudah seperti ini



Buka baut penutup catrridge, buka cartridge nya satu persatu lalu sedot bagian bawah cartridge dengan suntikan satu persatu.

urutan warna cartridge dari kiri ke kanan : BIRU, KUNING, MERAH DAN HITAM

Jika sudah pasang kembali satu persatu sampai dengan selesai, dan silahkan agan coba nyalakan dan print..

biasa nya dengan seperti itu L200 akan normal kembali, tetapi jika masih kurang bagus print headnya harus di refourbish. dan nanti saya jelaskan bagai mana cara merefourbish printhead.

terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

12 komentar:

  1. printer yang baggus buat nyetak Foto sang mantan apa tah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung mantannya gimana... kalo mantannya cantik pake printer jadul pun ttp bagus. tapi kalo mantannya jelek meski pake printer epson 1390 ttp aja jelek. hahahaaaaa :D

      Hapus
  2. gan, nanya dong gan, kalau epson l 200 matot, knp gan tu gan? mkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada 3 kemungkinan gan..
      kemungkinan 1 : bisa printhead yang korslet (cuman ini jarang terjadi)_

      kemungkinan 2 : bisa dari power suply, solusinya coba ganti power suply nya (bisa pake pake power suply T13, TX121 atau L100)

      kemungkinan 3 : mainboard, coba ganti dioda di mainboard.. bisa googling cara ganti dioda di L100, L200, T13, TX121.

      maaf ane baru bls, kmrn abis liburan dulu. :D

      Hapus
  3. boss saya kemarin buka printernya tapi rusak dia dibilang sama service centernya disuruh ganti 700K apakah ada cara lain untuk memperbaikinya?

    BalasHapus
  4. yang rusaknya apanya aja? kalo rusak printhead cuman hasilnya aja masih bisa di sabarin, tapi kalo rusak pinthead udah mati/korsleting mau ngga mau harus mau ganti. tapi ko mahal amat ya... hehehe :D
    posisi dmn gan?

    BalasHapus
  5. Itu Dedy mh Kobe ngarangnya Juara

    BalasHapus
  6. Kobe Pisannnnnnnnnn sia ku urng bisi di kadek

    BalasHapus
  7. Wkwkwkwwkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

DMCA.com © 2014 Semua Tentang Printer. Template oleh Tekno Post dan diberdayakan oleh Blogger.